Pertandingan Derby Kaizer Chiefs melawan Orlando Pirates memakan korban 43 orang

Pertandingan derby antara Kaizer chiefs dan Orlando pirates, di sebut – sebut sebagai pertandingan olahraga yang paling banyak memakan korban. Karena dalam pertandingan tersebut terjadi kerusuhan yang sangat besar dan merupakan sejarah bagi Afrika Selatan. Pertandingan tersebut di selenggarakan di Ellis Park Stadium. Memang, sebelum ini juga pernah terjadi tragedi yang serupa dalam pertandingan antara kedua tim tersebut. Pada pertandingan uji coba yang di selenggarakan di Oppernheimer pada tahun 1911, juga pernah terjadi kerusuhan, yang mengakibatkan pada supporter saling dorong – mendorong yang memakan 41 korban jiwa dalam kerumunan tersebut.

Derby Kaizer Chiefs melawan Orlando Pirates

Tak hanya itu, 7 tahun kemudian hal serupa juga terjadi, saat pertandingan di Ellis Park, para supporter mengamuk yang mengakibatkan terjadinya kerusuhan yang membuat para polisi mengambil tindakan, menembakkan peluru karet pada para supporter. Lalu 2 tahun kemudian juga terjadi kerusuhan lagi yang ada di first national bank stadium. Karena para supporter berusaha menerobos masuk dalam stadion. Yang terakhir insiden terjadi dalam stadion Ellis park juga karena hal yang serupa. Stadion tersebut hanya mampu memuat para penonton dengan kapasitas 60 ribu saja. Namun jumlah penonton yang ada justru melebihi dari kapasitas stadion sendiri. Dan yang mencengangkan jumlah penonton yang masuk 2x lipat dari jumlah kapasitas seharusnya yaitu sebanyak 120 ribu penonton. Akibat membeludaknya penonton tersebut, mengakibatkan meninggalnya 43 penonton karena terinjak – injak.

Akhirnya pihak panitia menghentikan pertandingan tersebut, dan para penonton diminta agar kembali pulang, dan sementara korban meninggal telah dievakuasi sementara dan di tempatkan di lapangan. Pihak official mengemukakan beberapa faktor yang mengakibatkan insiden tersebut, salah satunya korupsi pada penjual tiket, yang menerima suap agar para penonton bisa masuk, padahal jumlah tiket sudah habis. Kaizer Chiefs yang merupakan tuan rumah dan pengelola stadion merupakan pihak yang harus bertanggung jawab atas terjadinya insiden bersejarah di Afrika ini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Speak Your Mind

*

Pinterest