Profile : Bobby Moore

Bagi anda yang tidak tahu akan sosok Bobby Moore, ia adalah seorang pemain bola yang berada pada posisi bek dan menjadi seorang kapten timnas Inggris. Dan saati itu dia juga berhasil memenangkan ajang Piala Dunia 1966. Kemampuannya dalam menyundul bola ataupun berlari memang tidak begitu menonjol, akan tetapi ia mampu membaca arah permainan serta dapat memimpin rekan – rekan se timnya. Dan ia juga mampu melakukan tekel yang bersih dan akurat yang menjadikannya sebagai pemain kelas dunia.

Soccer - Football League - West Ham United

Bahkan Pele – pun berkata bahwa Moore adalah bek paling tangguh yang pernah ia temui. Moore lahir pada tanggal 12 april 1941 dengan nama Robert Frederick Charles Moore. Moore kecil sudah gemar bermain bola, terbukti pada tahun 1958 ia bergabung dengan West Ham United. Dalam kurun waktu 5 tahun, Moore sudah mampu menjadi kapten di timnya tersebut. Puncaknya Moore berhasil membawa west ham meraih piala FA. Pada tahun 1962 Moore mendapat panggilan untuk bergabung dengan TimNas Inggris, dan dia dijadikan sebagai kapten Inggris menggantikan Haynes. Moore pun menjadi Kapten Inggris termuda. Dan ini merupakan puncak dari karirnya, karena Moore berhasil membawa timnya menang melawan Jerman barat.

Berkat ketenangan yang dimiliki Moore inilah Inggris berhasil memenangi laga tersebut. Pada akhir karirnya Moore pensiun dari timnas Inggris di tahun 1973 dan ia juga pindah ke Fulham setelah 10 tahun membela West Ham. Dalam beberapa tahun kedepannya Moore juga sering pindah – pindah team, dan akhirnya ia mengakhiri karirnya di Herning Fremad. Dalam perjalanan hidup Moore memanglah tidak mulus. Ia menjadi manager tim sepak bola namun tidak beruntung, dan ia juga berusaha merintis bisnis namun juga mengalami kegagalan dan akhirnya istrinya pun ( Christina Dean ) juga ikut meninggalkannya. Namun Moore sangatlah beruntung, ia bergabung dengan sebuah stasiun radio capital gold dan ia menjadi seorang analis dan komentator sepakbola. Moore meninggal pada 24 Februari 1993 karena penyakit kanker yang dideritanya. Namun hingga kini Moore menjadi seorang legenda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Speak Your Mind

*

Pinterest