Sejarah Basket Di Dunia

Sejarah Basket Di Dunia. Bola basket adalah olahraga kelompok yang terdiri dari lima orang pemain. Basket sangat cocok ditonton sebab dapat dimainkan di ruang olahraga yang tertutup dan hanya membutuhkan lapangan yang kecil. selain itu, basket juga mudah dipelajari sebab bentuk bolanya yang lebih besar dari bola sepak, sehingga mempermudah pemain saat memantulkan dan melempar bola tersebut.

Basket merupakan olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat Amerika serikat, karena disini memang memiliki sejarah basket yang sangat panjang serta disinilah muncul bintang-bintang di dunia bola basket. Negara lain yang menggemari olahraga ini adalah Eropa selatan, Amerika selatan, Lithuania serta indonesia. Sejarah basket pada awalnya diciptakan oleh seorang guru penjaskes dengan tidak sengaja. Pada tahun 1891 seorang guru olahraga bernama Dr. James Naismith yang berasal dari Kanada mengajar di perguruan tinggi YMCA ( sebuah wadah organisasi pemuda ) di Springfield, Massachusetts.

sejarah-bola-basket

Dia di beri tugas untuk membuat sebuah permainan pada ruang tertutup yang akan digunakan untuk mengisi waktu para murid di masa liburan musim salju/dingin. Terinspirasi dari permainan waktu kecil yang sering ia mainkan di Ontario, akhirnya naismith menciptakan sebuah permainan yang saat ini dikenal dengan olahraga bola basket pada tanggal 15 desember 1891.

Setelah menolak beberapa ide karena dianggap terlalu berat dan keras untuk dimainkan di ruang tertutup, lalu dia menulis beberapa peraturan dasar, mulai dari menempelkan 1 pasang keranjang di dinding tempat tertutup serta meminta semua para siswa untuk memulai memainkan olahraga ciptaannya tersebut.

Pertandingan resmi olahraga basket pertama kali diselenggarakan pada 20 januari 1892. Dimainkan di ruang kerja Dr. James Naismith. Nama basket diambil dari sebutan yang diucapkan salah satu siswanya. Setelah itu olahraga ini pun langsung terkenal seantero Amerika serikat. Sejarah basket untuk peraturan diawali dari aturan yang ditulis sendiri oleh Dr. James Naismith yaitu berisi tentang 13 aturan dasar.

Lapangan untuk olahraga basket bentuknya persegi panjang yang memiliki panjang 28,5 meter serta lebar 15 meter. Peraturan ini sudah standar dari national basketball associotion / NBA. Untuk standar dari federasi bola basket internasional bola basket memiliki panjang 26 meter serta 14 meter untuk lebarnya. Itu tadi sejarah basket, yang merupakan olahraga tim populer nomor 2 setelah Sepak bola.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

  1. felicia lauddin says:

    I love basket…kasih lagi dong info lainnya :p

Speak Your Mind

*

Pinterest