Sejarah dan Stadion Klub Barcelona

Sejarah klub Barcelona adalah sejarah tentang pemberontakan. Barcelona memberontak atas kekuasaan Raja Spanyol, Barcelona melawan atas kekuatan Real Madrid dan Barcelona melawan atas kekakuan di sepak bola. Futbol Club Barcelona atau Barcelona atau bisa disapa juga dengan Barca adalah klub sepak bola tersukses saat ini, namun dulu mereka dikerdilkan. Berikut sejarah FC Barcelona.

Berdiri pada tahun 1899, tepatnya 29 November 1899, Barcelona dibentuk oleh gabungan pemain dari Swiss, Inggris dan Catalan (Spanyol). Mereka dipimpin oleh Joan Gamper, seorang pesepak bola asal Swiss. Barcelona saat itu menjadi simbol orang-orang Catalan yang tidak diakui kerajaan Spanyol, makanya, motto klub Barcelona adalah mes que un club (more than a club) alias lebih daripada sekadar sebuah klub.

Ini juga dicirikan dengan kekhasan Barcelona yang tidak dimiliki oleh perusahaan atau kerajaan, Barcelona benar-benar dimiliki dan dijalankan oleh para pendukungnya. Barcelona, bersama Real Madrid dan Athletic Bilbao sebagai klub yang hampir tidak pernah terdegradasi ke divisi di bawahnya.

stadion-klub-barcelona-fc

Barcelona meraih juara Liga Spanyol untuk pertama kali pada tahun 1929. Kemudian sepanjang periode 1930-1960, Barcelona banyak dicurangi atau digembosi oleh Raja Spanyol yang lebih menginginkan klub asal ibukota yakni, Real Madrid yang menjadi juara Liga Spanyol dan juara Piala Champions Eropa. Usai masa diktator Raja Spanyol itu, Barcelona mulai merajai Spanyol puncaknya pada tahun 1992 mereka merebut Piala Champions Eropa untuk pertama kalinya di bawah asuhan Johan Cruyff. Barcelona total sudah menjuarai empat kali liga Champions.

Torehan paling menakjubkan Barcelona adalah ketika berhasil menggondol semua gelar yang ada di dunia pada tahun 2009; Piala Raja Spanyol, Liga Spanyol dan masih banyak lagi. Ketika itu dunia yang sedang kaku dengan sepak bola bertahan didobrak oleh Barcelona yang memainkan sepak bola umpan-umpan pendek mengalir yang akhirnya disebut tiki-taka. Barcelona kini adalah salah satu klub yang ditakuti di dunia.

Stadion Barcelona pertama adalah Camp de La Industria yang hanya bisa menampung 6.000 orang. Pada tahun 1922 karena pendukung Barcelona semakin banyak akhirnya dibangunlah Camp de Les Corts yang bisa menampung sampai 30.000 orang. Yang menyukai Barcelona semakin banyak tidak hanya berasal dari Catalan tetapi juga seantero Spanyol, pada tahun 1957, Barcelona akhirnya membangun stadion Camp Nou yang dipakai hingga sekarang.

Awalnya Camp Nou berkapasitas 50.000 penonton namun untuk memenuhi kriteria UEFA stadion Camp Nou dipugar hingga bisa menampung dua kali lipat dari jumlah sebelumnya yakni 100.000 orang. Yang membuat Camp Nou menjadi stadion terbesar di Eropa.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

  1. saya ikutan latihan bola

Speak Your Mind

*

Pinterest