Sejarah dan Stadion Klub Inter Milan

Sejarah klub Inter Milan, lengkapnya Internazionale Milan, adalah sejarah antidominasi. Tengok saja awal pembentukan klub ini. Dahulu di kota Milan, Italia, sejak tahun 1899 hanya ada satu klub olahraga yakni Milan Cricket and Football Club. Para pemain klub olahraga ini hanya diperbolehkan adalah Warga Negara Italia kalaupun boleh hanya warga Swiss saja yang bisa ikut bergabung. Itu pun dengan berbagai macam persyaratan dan catatan.

Puncaknya terjadi pada bulan Januari tahun 1908 ketika Giorgio Muggiani, Virgilio Fossati, Pietro Dell Oro; yang berasal dari Italia ikut bergabung bersama Hintermann bersaudara (Enrico Hintermann, Arturo Hintermann, Carlo Hintermann) dan Rietmann bersaudara (Hugo dan Hans Rietmann); yang berasal dari Swiss untuk menyatakan sikap atas ketidaksukaan mereka atas dominasi Italia di klub Milan tersebut.

Mereka berembuk untuk membuat sebuah klub baru yang bisa menerima pemain-pemain asing dari negara manapun tidak hanya dari Italia saja. Akhirnya, pada tanggal 9 Maret 1908 mereka bersepakat untuk membentuk Football Club Internazionale Sportiva Associazone atau Internazionale Milan atau sekarang populer dengan sebutan Inter Milan. Filosofi nama Internazionale adalah bahwa klub ini mengizinkan seluruh warga negara dunia bermain di klub Inter ini.

Stadion-Inter-Milan

Inter Milan kini adalah klub yang disegani baik di Italia maupun dunia. Di Italia, Inter adalah satu-satunya klub dalam sejarah sepak bola Italia yang tidak pernah terdegradasi alias tidak pernah turun kasta ke Serie-B. Inter juga adalah klub pertama dan sampai tahun 2013 ini adalah satu-satunya klub Italia yang berhasil meraih Treble Winners atau jawara di tiga kompetisi dalam setahun; Liga Champions Eropa, Liga Italia dan Piala Coppa Italia, yang mereka rebut pada tahun 2010.

Pada Liga Champions Eropa tahun tersebut mereka berhasil mengalahkan Barcelona yang saat itu sedang mendominasi Eropa dan dunia. Yang menegaskan Inter sekali lagi adalah klub antidominasi. Total Inter Milan sudah menjuarai 18 kali Liga Italia.

Inter mempunyai stadion sangat angker tempat para pendukungnya, yang disebut Interisti, berkandang. Stadion Inter Milan bernama Stadio Giuseppe Meazza. Stadion Inter Milan dinamai tersebut karena Giuseppe Meazza adalah legenda Inter Milan. Giuseppe Meazza mempersembahkan 3 gelar Serie-A kepada Inter Milan dan untuk pertama kalinya, pada tahun 1939, gelar Coppa Italia jatuh ke genggaman Inter berkat jasa Giuseppe Meazza ini.

Akhirnya, untuk mengenang jasa pemain ini Inter Milan mengabadikannya menjadi nama stadion mereka. Inter Milan berbagi stadion dengan saudara sekotanya, saudara tuanya, yakni AC Milan. Namun AC Milan lebih suka menyebut stadion tersebut dengan nama San Siro dikarenakan walau Giuseppe Meazza juga pernah bermain bersama Milan, tapi, pemain tersebut tidak mampu memberikan gelar untuk Milan.

Stadion Inter Milan, Stadio Giuseppe Meazza, berkapasitas 80.000 penonton. Jumlah yang membuat klub manapun jika datang ke stadion tersebut akan ketar-ketir dengan Interisti. Stadion Giuseppe Meazza pun beberapa kali dipakai untuk kejuaraan-kejuaraan besar seperti Piala Dunia, Piala Eropa ataupun Final Liga Champions.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Speak Your Mind

*

Pinterest