Sejarah dan Stadion Klub Manchester City

Sejarah Manchester City bagi para penggemarnya kini mungkin sulit dicari. Berikut disajikan sejarah singkat Manchester City. Manchester City pertama kali bernama Saint Marks (West Gorton) pada tahun 1880. Saat itu pemimpin Katedral Saint Marks yakni Arthur Connel menyaksikan penderitaan akibat Revolusi Industri yang terjadi di Inggris. Apalagi memang Manchester adalah kota industri. Dia percaya kemudian persatuan dan kesenangan akan mengurangi penderitaan. Akhirnya dia dirikanlah klub sepakbola Saint Marks untuk bersenang-senang.

Tujuh tahun kemudian, tahun 1887, Saint Marks (West Gorton) berganti nama menjadi Ardwick Association Football Club. Ini disebabkan lapangan yang terletak dekat gereja Saint Marks dibeli dan akhirnya menjadi pabrik sepatu. Akhirnya mereka pindah dan menemukan tanah lapang kosong di distrik Ardwick maka digunakanlah nama Ardwick Associaton Football Club. Kemudian, berganti nama lagi pada tahun 1894 menjadi Manchester City Football Club, nama yang dipakai hingga sekarang.

Manchester City hanya menjuarai Liga Inggris sebanyak tiga kali yakni musim 1937-1938, lalu musim 1967-1968 dan terakhir musim lalu; musim 2011-2012. Manchester City memang kalah jauh sekali dibanding klub tetangganya, Manchester United untuk urusan juara dan gelar, apalagi kalau sudah berbicara level internasional. Tercatat Manchester City hanya pernah menjuarai sekali kompetisi antar negara yakni Piala Winners Eropa yang diraih pada tahun 1970.

stadion-klub-manchester-city

Stadion Manchester City awalnya adalah Lapangan Gereja Saint Marks, kemudian berpindah ke Hyde Road di distrik Ardwick seiring dengan “pengusiran” mereka oleh pengusaha yang membeli tanah kosong dekat gereja tersebut. Hyde Road berkapasitas 40.000 kursi. Saat tribun utama hancur karena kebakaran yang terjadi pada tahun 1920, klub memutuskan untuk pindah ke stadion Maine Road.

Maine Road terletak di distrik Moss Side yang terletak di selatan kota Manchester. Maine Road berkapasitas 80.000 kursi namun pernah diduduki sampai 84.569 orang saat pertandingan perempat final Piala FA Manchester City kontra Stoke City. Sebuah rekor penonton di Inggris untuk klub sampai saat ini. Tetapi, pada tahun 2003 akhirnya Manchester City pindah ke stadion City of Manchester.

Stadion City Of Manchester berkapasitas 60.000 kursi. Stadion ini juga dipakai untuk cabang atletik karena dilengkapi arena lintasan lari dan lintasan atletik lainnya. Stadion ini pada tahun 2011 karena kepentingan sponsor diganti namanya menjadi Etihad Stadium merujuk sponsor utama klub Manchester City yakni Etihad Airways yang dimiliki oleh Shaikh Manshour orang kaya asal Uni Emirat Arab yang sekaligus juga pemilik saham utama Manchester City.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Speak Your Mind

*

Pinterest