Sejarah dan Stadion Klub Manchester United

Sejarah Manchester United adalah sejarah perjuangan. Siapa yang tidak mengenal klub ini ? Siapa yang tidak mengenal Alex Ferguson ? Rasanya semua penggemar sepakbola bahkan yang bukan penggemar sepakbola tahu apa itu Manchester United. Namun, memang, hanya fans Manchester United sajalah yang mengetahui secara detil sejarah klub ini.

Manchester United dibentuk pertama kali pada tahun 1878 dengan nama yang jauh dari apa yang kita kenal sekarang yakni; Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railways FC atau secara singkat Newton Heath LYR FC. Klub tersebut didirikan oleh Departemen Pengangkutan dan Kereta awalnya hanya untuk bersenang-senang melawan perusahaan atau departemen lainnya.

Karena masalah finansial yang melanda mereka Newton Heath akhirnya dibeli pengusaha John Henry Davies dan mengubah namanya menjadi Manchester United Football Club, setelah mempertimbangkan dua nama lain yang akhirnya tidak dipilih yakni Manchester Central dan Manchester Celtic, pada tahun 1902.

stadion-manchester-united
Manchester United adalah klub tersukses sepanjang sejarah sepakbola Inggris. Tetapi mereka meraihnya dengan perjuangan. Pada tahun 1968 mereka meraih trofi Champions Eropa pertama mereka setelah mengalami tragedi Munich, 10 tahun sebelumnya. Yang paling sensasional dan memberikan pelajaran perjuangan untuk semua orang adalah ketika Manchester United memenangkan Treble pada tahun 1999, saat Final Liga Champions Eropa mereka berhadapan dengan Bayern Muenchen.

Manchester United tertinggal 1-0 dari menit keenam. Sepanjang pertandingan Manchester United berjuang hingga sampai masa injury time menit 91 dan 93 keajaiban terjadi. Manchester United membalikkan keadaan menjadi 2-1. Banyak orang menyebut kejadian final tersebut adalah “Mukjizat Keajabain 120 detik.”

Stadion Manchester United kini terkenal angker yakni Old Trafford. Julukan stadion ini adalah Theatre of Dreams merujuk kepada julukan yang diberikan oleh Bobby Charlton. Tentunya tidak serta merta Manchester United menempati stadion ini seperti namanya dan juga sejarah panjangnya sejak lama. Manchester United atau tepatnya Newton Heath semula bermarkas di Stadion North Road yang berkapasitas 12.000 kursi.

Setelahnya karena Newton Heath merasa harus memiliki markas baru maka mereka pindah ke Bank Street yang berkapasitas 30.000 penonton. Seiring dengan perubahan nama dan manajemen Manchester United akhirnya menempati Old Trafford pada tahun 1910. Old Trafford sendiri bisa memuat 50.000 penonton pada awalnya.

Karena sedikit rusak karena terkena bom akibat Perang Dunia II untuk beberapa waktu Manchester United menempati stadion Maine Road bersama Manchester City dan akhirnya kembali ke Old Trafford yang sudah berkapasitas 70.000 penonton pada 1951 sampai kini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

  1. Rullyansyah A says:

    saya ingin menjadi fans club Manchester United .

Speak Your Mind

*

Pinterest