Ukuran Lapangan Basket Standar Internasional

Ukuran Lapangan Basket Standar Internasional. Bola basket merupakan salah satu olahraga yang populer setelah sepak bola. Bola basket diciptakan oleh Dr. James Naismith yang berasal dari kanada di tahun 1891. Di negara Amerika serikat bola basket menjadi olahraga nomor satu dan mengalahkan kepopuleran dari sepakbola. Untuk memainkan olahraga ini kita tidak perlu memakai area yang luas seperti sepak bola, namun hanya membutuhkan lahan yang kecil dengan keranjang basket untuk memasukan bola dan bola basketnya.

Satu tim basket terdiri dari 10 s/d 12 pemain, tapi yang bermain di lapangan hanya lima pemain saja serta sisanya menjadi cadangan. Di olahraga basket kita boleh mengganti pemain berapa kali pun, jadi tidak sama dengan sepak bola yang ada batas untuk mengganti pemain. Dalam satu pertandingan basket, terdiri dari 4 kuarter / babak, dimana setiap babaknya memiliki waktu selama 10 menit.

lapangan-basket

 

Wasit dalam olahraga basket ada 3 orang jadi sama seperti sepak bola, wasit utama yang memimpin pertandingan disebut referee serta yang kedua lainnya disebut dengan umpire.

Sama dengan sepak bola, olahraga ini juga memiliki ukuran lapangan basket yang sudah ditetapkan oleh federasi tertinggi yaitu FIBA. Berikut ukuran lapangan basket yang sudah standar internasional :

- Lapangan bola basket berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 28 meter dan lebar 15 meter. Di bagian tengah ada lingkaran yang mempunyai jari-jari 1,80 meter. Untuk ukuran lingkaran, jari-jarinya diukur mulai dari sebelah luar lingkaran.

- Garis tembakan hukuman : area ini berbentuk melengkung, dan digunakan untuk melakukan tembakan hukuman yang disebabkan pemain melanggar lawan.

- Papan pantul : papan pantul dapat terbuat dari katun / bahan lain yang terpenting sifatnya sama, tebal papan pantul 3 cm. berbentuk persegi panjang dengan panjang 1,80 meter dan lebar 1,20 meter. Di tengahnya terdapat garis bingkai yang berbentuk persegi panjang yang berukuran 0,59 m x 0,45 m.

- Tiang penyangga : tiang penyangga atau disebut dengan simpei yang berbahan besi. Memiliki garis tengah 20 milimeter, tiang penyangga harus memiliki ketinggian 3,03 meter dari atas permukaan lantai.

- Bola basket : harus memiliki keliling antara 75 cm – 78 cm, serta berat sekitar 600 grm – 650 grm.

Itu tadi aturan standar dari FIBA tentang ukuran lapangan basket. Semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang basket.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

  1. gabriela kezia atmadji says:

    thank you for the information :) this really helps me :)

Speak Your Mind

*

Pinterest